6 Tips Kalau Mau Ikut Pelayanan di Gereja

6 Tips Kalau Mau Ikut Pelayanan di Gereja

Enggak aktif pelayanan di Gereja? Bingung mau mulai dari mana? Ini dia 6 tips kalau kamu mau melayani.

1. Niat, kesempatan, dan panggilan

Merealisasikan niat dan panggilan memanglah sulit, apalagi jika kita melihat sepertinya “tidak memiliki” kesempatan untuk mewujudkannya. “Saya mau aktif di Gereja, tapi enggak punya teman di Gereja 😔” atau berbagai macam alasan lain.

Tips minduds yang pertama, coba kamu ganti kata “tapi” dengan kata “walaupun”. “Saya mau aktif di Gereja walaupun enggak punya temen di Gereja 😇”. Yuk, kita perbaiki niat. Jika niat kita benar, pasti Tuhan kasih jalan (kesempatan) buat kita.

Seperti kata bang napi, “Kebaikan muncul bukan karena niat dari pelaku, tapi karena ada kesempatan” 😂. Jadi, kalau niat kamu kurang, coba ciptakan sebuah kesempatan. Atau… jika kesempatan itu datang, jangan ragu untuk kamu gunakan.

2. Jangan ragu berteman dan bertanya dengan teman seiman yang sudah aktif di Gereja

Untuk menciptakan kesempatan, yang kamu harus lakukan adalah berteman dengan teman yang sudah terlebih dahulu aktif di Gereja. Jangan malu bertanya tentang kegiatan atau seputar komunitas-komunitas di Gereja, sok kenal sok dekat (SKSD) aja, cuek aja 😂. Enggak ada orang yang gara-gara bertanya, lalu dimarahin. Kecuali, kamu tanya “Kapan kawin?” ke jomblo yang sudah akut stadium kronik 😂😂.

3. Mengikuti acara atau kegiatan Gereja

Untuk kamu yang sulit untuk SKSD, coba daftarkan diri kamu dan ikut kegiatan-kegiatan Gereja, misalnya kegiatan-kegiatan OMK dan lain-lain. Dengan begitu, kamu membuka kesempatan untuk memperbanyak teman seiman dan merasakan atmosfer berkegiatan di tengah-tengah teman seiman 😉.

4. Ajak teman kamu yang pengen juga aktif di Gereja

Kamu punya sahabat atau teman seiman, tetapi teman kamu juga belum aktif di Gereja? Ajak dan utarakan niat kamu ke sahabat atau teman kamu itu untuk bareng-bareng daftar atau ikut kegiatan di Gereja. Biasanya, kalau ada temannya, kita akan lebih berani dan enjoy. Tapi, jangan selamanya minta ditemani ya… bisa-bisa enggak mandiri 😂

5. Kamu harus tahu di mana paroki asalmu

Setelah niat kamu kuat dan terbuka kesempatan. Langkah selajutnya adalah memastikan terlebih dulu gerejanya. Jika kamu Katolik, ya pastinya harus di Gereja Katolik (jangan nyasar-nyasar 😂). Setelah itu, kamu harus tahu paroki (Gereja Katolik) tempat kamu terdaftar. Hal ini cukup penting mengingat banyak yang menjadi aktivis di paroki lain, bukan di paroki asalnya.

Nah, saran minduds, sebaiknya kamu aktif di paroki asal kamu. Kecuali, kamu anak kost atau anak rantau 😀. Kalau bukan kalian yang aktif di paroki kalian sendiri, lalu siapa lagi? #eeaaa

6. Menentukan mau aktif di kegiatan atau kategorial apa

Gereja Katolik enggak hanya sebuah tempat untuk beribadah, tetapi juga lembaga atau komunitas, bahkan merupakan lembaga/komunitas terbesar di seluruh dunia, lho! 😎 #Proud. Karena inilah, Gereja juga disebut communion of communities atau komunitas yang terdiri atas komunitas-komunitas kecil atau kategorial-kategorial di dalamnya.

Ada banyak pilihan yang bisa kalian pilih untuk aktif atau menjadi aktivis Gereja. Misalnya, menjadi petugas Liturgi (PA, PS, lektor/lektris, koor, organis, dan lain-lain), Bina Iman Anak (BIA), Bina Iman Remaja (BIR), Pengurus OMK, Legio Maria, WKRI, PDKK, LH, Komsos, dan masiiih banyak lagi. Saran minduds, ikuti kata hati, minat, atau bakat kalian. Kalau masih bingung juga, nyemplung dulu aja nanti juga diarahkan sama Tuhan (dan pasti enggak bisa menghindar 😂😂😂).

Dengan membaca tips ini, tanpa disadari kamu sebenernya sudah memiliki niat untuk aktif di Gereja. Bukan suatu kebetulan kamu membaca tulisan ini. Mungkin, Tuhan mempunyai rencana yang indah untuk kamu.

Jadi, jangan tunggu-tunggu lagi. Ini saatnya buat kamu melayani dan mengasihi Gereja lebih lagi. Tuhan Yesus memberkati.

Foto: Dwi Triono (Instagram @dwiete)



2 thoughts on “6 Tips Kalau Mau Ikut Pelayanan di Gereja”

    • Halo, Ima…
      Untuk memulai, kamu bisa tanya-tanya teman yang sudah bergabung di OMK sebelumnya. Kamu bisa tanya-tanya lebih dulu tentang kegiatannya apa saja, lalu menghubungi ketua OMK. Bisa juga langsung bergabung ke acara yang diadakan oleh OMK di paroki kamu. Tetap semangat berkarya dalam pelayanan ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *