Adakah Kamu di Tengah Ribuan OMK dalam JOYFEST 2018?

Adakah Kamu di Tengah Ribuan OMK dalam JOYFEST 2018?

Hola, kaduds!

Selasa, pada hari libur nasional 11 September 2018 kemarin, kamu ada di mana?? Minduds dan ribuan OMK dari Jakarta, Tangerang, Bekasi, bahkan ada juga yang dari Surabaya serta kota-kota lainnya di Indonesia berada di ICE BSD Hall 7, lho. Eh, ada juga OMK dari negara tetangga Malaysia.

Kaduds udah tau, kan acara apa??

Bener banget! Acara Jakarta Catholic Youth Festival (JOYFEST) 2018! Minduds mau tulis, nih buat kaduds yang udah dateng supaya kamu jadi ingat terus keseruan acaranya. Buat kaduds yang enggak dateng, semoga tulisan ini bikin kamu juga ikut merasakan suasananya.

Sejak jam 7 pagi, registrasi sudah dibuka dengan antrean mengular. Salut banget, nih sama teman-teman OMK. Rela datang jauh-jauh, rela bangun pagi juga!

Banyaknya peserta yang datang dari beragam kota dibantu juga dengan fasilitas panitia. Panitia menyediakan shuttle bus untuk memudahkan para peserta. Shuttle bus ini ada di berbagai paroki. Jadi, para OMK tinggal datang ke paroki terus naik, deh. Tapi, ada juga beberapa peserta yang datang sendiri, berdua, bertiga, berempat, mungkin juga berlima. Kalau kamu, naik apa kaduds?

Sebelum masuk venue, peserta wajib menunjukan e-ticket yang sudah dicetak lebih dulu. Kemudian, peserta melewati full body scanner dan mengantre kembali untuk scan barcode tiket supaya mendapatkan gelang dan goodie bag keren.

Pada bagian lobi, minduds melihat banyak sponsor dari acara ini. Ada kopi gratis juga, lho. Yang enggak kalah menarik, ada banyak banget booth komunitas yang berada di Keuskupan Agung Jakarta (KAJ). Pengetahuan minduds jadi bertambah, nih. Oh, iya! Karena waktu itu masih dalam rangka roadshow jelang perhelatan Asian Para Games 2018, peserta JoyFest 2018 juga bisa melihat langsung para atlet basket kursi roda beraksi. Ada juga teman OMK yang diajak untuk mengenal langsung olahraga ini. Seru, kan?

Pembukaan

Nah, ini dia yang ditunggu-tunggu. Peserta yang datang langsung masuk ke Hall 7. Disambut dengan puji-pujian meriah dari atas panggung. Persiapan misa pun dimulai. Ada 11 romo memimpin jalannya misa. Ada juga romo dari Malaysia yang turut memimpin misa konselebrasi.

DOK OMK DUDES

Setelah misa, Bapak Ignasius Jonan sebagaiMenteri Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia membagikan cerita dan semangatnya untuk para OMK. “Kita ini cuma sedikit. Kalau kita diam saja, maka kita semakin tidak terlihat. Walaupun sedikit, kita harus bisa menjadi terang,”katanya. Tapi, apa untuk menjadi terang hanya bisa dilakukan orang Katolik? Tidak juga. Bahkan, Pak Jonan juga memberikan kutipan-kutipan dari tokoh agama lain. Artinya, siapa saja bisa menjadi terang bagi sesamanya.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia Ignasius Jonan. DOK OMK DUDES

Sekarang, menteri Katolik memang sedikit. Semoga pada masa mendatang, kaduds ada yang jadi menteri ya… Amin!

Seminar
Misa selesai, para OMK menyerbu lantai 3 untuk hadir pada seminar-seminar yang diadakan. Ada sesi 1 pada pagi hari dan sesi 2 pada siang hari. Setiap sesi, ada 11 seminar dijalankan bersamaan dengan tema yang berbeda-beda. Tema-tema yang menarik mulai dari lifestyle, karier, percintaan, keuangan, entrepreneurship, spiritualitas, serta seputar iman Katolik. Kaduds ikut seminar yang mana? Minduds, sih ikut seminar yang percintaan. #Eh

Komunitas

Buat kaduds yang sendirian, tapi ingin berkumpul sama teman-teman seiman, di gereja merasa canggung kalau ikut OMK karena merasa umur ketuaan ahahaa… Kamu tinggal pilih komunitas yang ada di KAJ, nih.

Komunitas Gropesh (Gerakan Orang Muda Peduli Sampah) di JoyFest 2018. DOK Arsip Agatha Agnes

Ada CFJ (Catholic Fellowship Jakarta), CHOICE, DC (Domus Cordis), JPII Youth (John Paul II Foundation Youth), TIP (The Indonesian), KKMK (Komunitas Karyawan Muda Katolik), Gropesh (Gerakan Orang Muda Peduli Sampah), LEGIO MARIAE, KTM YOUTH (Komunitas Tritunggal Mahakudus), LOJF (Lights Of Jesus Family), SFC (Single For Christ), atau THS THM (Tunggal Hati Seminari Tunggal Hati Maria), BUNDA TERESA. Nah, banyak, kan? Kaduds mau pilih yang mana?

Bintang tamu

Acara yang dinanti-nantikan dari JoyFest 2018 adalah penampilan dari pemenang The Voice of Italy 2014, Sr. Christina. Ada juga Matt

Matt Maher dan Sr. Christina saat konferensi pers JoyFest 2018. DOK OMK DUDES

Maher yang dikenal sebagai musisi Katolik internasional peraih 9 nominasi Grammy Music Awards. Salah satu lagu jagoannya, “Lord, I need you”. Kaduds tau, kan?

 

Oh iya! Kaduds pernah merasa jauh dari Tuhan? Dulu, Sr. Christina sempat merasa jauh dari Tuhan, lho. Sampai suatu ketika, mamanya ketemu suster dan dikasih informasi tentang audisi drama musikal tentang kehidupan para suster.

Awalnya, Sr. Christina tentu aja enggak mau ikutan audisi, tapi setelah dipikir-pikir kembali, ia akhirnya mau ikutan dan malah terpilih untuk menjadi pemeran utamanya! Wah, memang ya kalau yang namanya sudah rencana Tuhan. Pasti ada aja jalannya. Salah satu pesan Sr. Christina yang oke banget versi minduds, “Tuhan ingin kita bahagia. Saya ingin mengajak kalian melakukan sesuatu. Apa kalian bahagia?”

Pesan JoyFest 2018

Mengusung tema “The Joy of Diversity, a Celebration of God’s Creation”, JOYFEST 2018 ingin bersama-sama merayakan perbedaan sebagai berkat yang menyenangkan dan untuk mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Paus Fransiskus juga pernah mengingatkan agar orang Katolik lebih berpikir tentang membangun jembatan daripada sibuk membangun dinding, gereja Katolik pun harus beradaptasi dengan zaman agar bisa terus berinteraksi dengan masyarakat luas.

Mari kita bersama-sama bersinergi membangun jembatan untuk kehidupan bersama yang lebih baik!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *