Pastoral Mahasiswa Katolik, “YES U CAN”

Pastoral Mahasiswa Katolik, “YES U CAN”

Mahasiswa Katolik sebagai bagian dari Orang Muda Katolik (OMK) mempunyai ciri khas dinamika serta kemampuannya sendiri, apalagi ketika saat ini mereka telah berkembang bersama dalam sebuah masa yang menyebut mereka sebagai generasi milenial.

Dinamika serta kemampuan yang kerap kali bisa menjadikan mereka sebagai sebuah pribadi yang selalu ingin bergerak cepat itu ternyata juga membutuhkan pendampingan rohani yang konkret agar keseimbangan hidupnya terjaga. Maka, muncul sebuah pelayanan pastoral yang khusus diperuntukkan bagi mereka yang secara umum disebut dengan nama Pastoral Mahasiswa Katolik.

Di Pulau Jawa, Pastoral Mahasiswa memiliki beberapa nama sendiri, seperti “Gereja Mahasiswa (GEMA)”, Pelayanan Pastoral Mahasiswa (PPM)”, “Komisi Pelayanan Mahasiswa (KOKERMA) atau Campus Ministry (CM). Pastoral Mahasiswa ini tersebar di tujuh keuskupan yang ada di Pulau Jawa, yaitu Keuskupan Agung Jakarta, Keuskupan Bogor, Keuskupan Bandung, Keuskupan Purwokerto, Keuskupan Agung Semarang, Keuskupan Surabaya, dan Keuskupan Malang.

Dengan ciri khas dari masing-masing keuskupan, maka kebijakan yang diberikan kepada para mahasiswanya pun berbeda-beda. Bahkan, ada di beberapa keuskupan yang pelayanan pastoralnya begitu banyak mengingat luasnya daerah serta beragam kampus yang harus didampingi.

Karena keberagaman inilah, sebuah pertemuan Pastoral Mahasiswa digagas sejak 2018. Tujuannya, saling berbagi, menguatkan serta saling belajar agar bisa memahami seluk-beluk dari pelayanan khusus ini. Pada tahun kedua ini, sebelumnya diadakan di Keuskupan Bandung, pertemuan yang diberi nama Forum Moderatores Pastoral Mahasiswa Keuskupan Regio Jawa (FORESPAS MKRJ) berlangsung di Keuskupan Malang dengan Campus Ministry Keuskupan Malang sebagai penyelenggaranya. Kegiatan diadakan pada 25-27 Februari 2019 di Rumah Retret Samadi St. Magdalena Postel Jl. Jayagiri No. 20 Malang. Mengusung tema “YES U CAN”, pertemuan ini dihadiri oleh sembilan orang imam, lima orang pendamping mahasiswa, 39 orang mahasiswa sebagai peserta , dan dibantu oleh 27 orang panitia yang juga para mahasiswa.

Hasil dari pertemuan ini, antara lain kesepakatan untuk menjaga semangat persaudaraan dan membangun koordinasi antargereja mahasiswa regional Pulau Jawa serta menumbuhkan dan meneguhkan semangat pelayanan para mahasiswa Katolik agar menjadi penggerak bagi para mahasiswa atau kaum muda Katolik yang lain.

Materi acaranya berupa sharing bersama Bapa Uskup Malang, Mgr. Henricus Pidyarto Gunawan tentang bagaimana melakukan pastoral yang baik, efektif, dan efisien bagi kaum muda masa kini, khususnya mahasiswa. Ada juga pencerahan dari R.D. Yohanes Driyanto, seorang juris dari Keuskupan Bogor yang sekaligus pastor kapelan mahasiswa. Beliau meneguhkan tentang eksistensi Gereja Mahasiswa apa pun namanya merupakan suatu bagian dari keuskupan yang posisinya setara dengan paroki, rektorat, dan seminari.

Selain materi, sesi sharing, dan saling mengenal dari semua peserta yang hadir, kegiatan ini juga menyertakan kegiatan jalan-jalan di Jatim Park 3 di Kota Baru Malang serta performance yang melibatkan semua peserta yang hadir. Kegiatan ditutup dengan Misa bersama dan cap tangan yang hendak menunjukkan solidaritas dari semua Pelayanan Pastoral Mahasiswa se-Regio Jawa.

Pertemuan selanjutnya akan diadakan di Keuskupan Purwokerto pada 2020. Bravo Pastoral Mahasiswa se-Regio Jawa.

Penulis: Anjar Anastasia



2 thoughts on “Pastoral Mahasiswa Katolik, “YES U CAN””

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *