Sampah Aja Dipeduliin, Apalagi Kamu…

Sampah Aja Dipeduliin, Apalagi Kamu…

Hai, kaduds!
Kamu pernah dengar istilah “Pasukan Oranye”, enggak? Itu, lho… orang-orang yang suka bersih-bersih daerah lingkungan kita. Biasanya, mereka kerja di malam hari atau subuh-subuh. Tahunya jalan sudah bersih ya? Tahu-tahu tong sampah depan rumah sudah kosong, isinya sudah diangkut. Ajaib, gitu. Hehe. Kalau kaduds perhatiin, orang-orang dewasa yang lebih banyak jadi Pasukan Oranye. Eits! Tapi, jangan salah. Di zaman now, orang muda juga bisa terjun langsung, ikut membantu Pasukan Oranye. Tujuannya, bantu lingkungan sekitar jadi makin indah dan bersih. Sedap dipandang, kayak wajahmu. Eaaaaa!

Kalau kebanyakan orang bilang anak muda itu cuma bisa hura-hura, siapa bilang? Enggak berlaku buat anggota Gropesh!

Yap! Gropesh! Gropesh ini singkatan dari Gerakan Orang Muda Peduli Sampah. Komunitas Gropesh terbentuk sejak 2007 dan lebih concern terhadap mendaur ulang sampah organik (berkaitan dengan zat yang berasal dari makhluk hidup: hewan atau tumbuhan, seperti minyak dan batu bara) maupun anorganik (terdiri atas benda selain manusia, tumbuhan, dan hewan; mengenai benda tidak hidup). Anggota Gropesh ini hebat-hebat, lho! Mereka aktif memberikan pelatihan dan kampanye mengenai dampak maupun manfaat sampah yang ada di sekitar hidup kita. Untuk sebuah komunitas yang oke kayak Gropesh, pasti punya visi yang oke juga. Inilah visi mereka:

Menjadi kelompok orang muda yang unggul dalam mewujudkan habitus (bentuk badan; perawakan) bersih dan kepedulian terhadap lingkungan sebagai bahan dari iman, khususnya dalam lingkup Jatabek (Jakarta-Tangerang-Bekasi).

Nah, selain punya visi, Gropesh juga punya misi. Mereka ingin mewujudkan cita-cita dengan langkah konkret dengan cara meningkatkan kualitas dan kuantitas anggota Gropesh, membuat pelatihan pengelolaan sampah atau pelatihan lain yang mendukung peningkatan kualitas anggota Gropesh, membangun jejaring dengan kelompok, komunitas atau lembaga yang memiliki keprihatinan serupa, dan mengampanyekan gerakan 3R + R (Reduce, Reuse, Recycle+Replant). Kampanye ini dipilih oleh Gropesh karena mereka berharap anggota dan teman-teman lain bisa menjadi contoh perubahan perilaku, bukan sekadar tahu.

Informasi kontak:
Email: gropesh@gmail.com
Facebook: www.facebook.com/gropesh
Twitter: @gropesh
Website: www.gropesh.com



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *